INFO...CEK DATA GTK DAPODIK MELALUI INFO GTK..SALAM SUKSES
HEADLINE
1 2 3 4 5
MOTIVASI HARI INI 
Perbuatan baik tanpa disertai ketulusan sama seperti menambahkan kotoran ke dalam air dan memanggulnya. Terasa memberatkan dan tidak memberi manfaat apapun pada yang memikulnya.
"Imaam Ibn-ul-Qayyim"

Jumat, 20 Maret 2015

PADAMU NEGERI DAN DAPODIKNAS

    Pengaruh perkembangan teknologi yang semakin cepat dan berkembang, merambah ke berbagai sektor dan utamanya sektor Pendidikan (pendidikan Berbasis IT) sehingga segala sesuatunya yang menyangkut data ataupun pengelolaan data dilakukan secara online.
sekarang ini ada beberapa WEB dan Aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh pihak-pihak pemerintahan ataupun yang menggandeng pihak swasta  khususnya yang bergerak dibidang Pendidikan.
program DAPODIK sebagaimana yang direncanakan untuk digunakan sebagai sumber data tunggal (referensi data utama) bagi seluruh unit utama di Kemdikbud mulai tahun 2014 nanti.
Sedangkan BPSDMPK-PMP sebagai salah satu unit utama Kemdikbud telah menyiapkan Aplikasi PADAMU NEGERI saat ini termasuk perangkat pendukungnya untuk terintegrasi dengan DAPODIK mulai 2014 nanti sebagaimana surat edaran dari Wamendikbud tanggal 30 Agustus 2013.
Kalau dilihat dari keterangan diatas maka ditarik kesimpulan bahwa segala sesuatu tentang penjaringan data yang dikelola oleh pihak-pihak kementrian dan pihak swasta yang bekeja sama. Bahwa dapodik merupakan salah
satu sumber data tunggal (referensi data utama) dalam mengambil kebijakan tentang data pendidikan.

Kelemahan System Padamu Negeri dimata orang awam dibandingkan dengan Dapodik.

  Penggunaan Aplikasi Dapodik berbasisi web di rasa sangat mudah dan tidak menyulitkan Operator Sekolah dan terjamin, karena admin pengguna dikelola dengan baik dan melalui alur yang akurat yaitu tidak adanya Admin Validasi dan verifikasi selain admin Pusat data, karena Aplikasi Dapodik Berbasis web ini penginputan dan kebenaran datanya tergantung pada sekolah masing-masing dalam penginputan, dan alur inputan pun sesuai dengan yang ada, maksudnya jika salah satu data tidak lengkap dalam penginputan maka pada saat mengakses data yang telah disyncronkan maka yang muncul keterangan yang sama dengan inputan (data dari sekolah sama dengan data yang ada disystem Dapodik), beda halnya dengan PADAMU NEGERI yang mempunyai alur yang sangat Ribet apa lagi dengan penggunaan system verval atau biasa disebut Verifikasi dan Validasi yang dilakukan oleh pihak yang ditunjuk oleh pihak BPSDMPK-PMP sebagai penanggung jawab Verifikasi dan Validasi. System seperti ini sangat rawan karena jika login admin yang digunkan diselewengkan dan diketahui oleh pihak yang bukan yang dibeberikan wewenang maka bisa dipastikan data yang ada tidak akan sesuai lagi dengan apa yang diinginkan, akan melenceng dari alur-alur yang sudah ditentukan.
Tapi dengan kata lain semua Web dan Aplikasi pendataan yang sudah ada sudah cukup baik dan sekiranya jika dipergunakan dengan baik maka akan menghasilkan sesuatu yang baik, tapi jika digunakan tidak sesuai dengan yang sudah ditetapkan maka tidak mungkin oknum-oknum tersebutlah yang membuat system tersebut menjadi tidak baik.
Penulis @belajarKesiangan

0 komentar: